Hasil Sidang Isbat penentuan bulan ramadhan 2016

Penentuan 1 Ramadhan akan ditentukan melalui Hasil Sidang Isbat 2016 yang akan digelar pada Minggu, 5 Juni 2016 selepas shalat magrib. Sidang Isbat ini akan dihadiri oleh ulama, pemerintah serta perwakilan dari ormas Islam serta juga dihadiri oleh perwakilan dari negara-negara tetangga.
Pada sidang isbat ini akan didengarkan laporan dari berbagai wilayah yang telah melakukan pengamatan hilal. Jika tidak satupun yang tidak melihat hilal maka bulan Sya’ban akan digenapkan menjadi 30 hari. Jika ini terjadi berarti puasa akan dilakukan pada hari Selasa, 7 Juni. 
Posisi Hilal Berdasarkan Astronomi 4 Derajat
Kalender Islam menggunakan sistem penanggalan berdasarkan fase bulan. Karena itulah penentuan bulan baru ditentukan dengan terlihatnya bulan sabit muda yang biasanya disebut sebagai hilal. Jadi dalam penentuan 1 Ramadhan ini biasanya ditentukan dengan melihat pergerekan bulan sabit baru atau bulan sabit muda ini.
Dalam sidang Isbat sesi 1 telah didengarkan pendapat ahli astronomi yang menjelaskan bahwa posisi hilal sudah mencapai 4 derajat lebih setengah di Yogyakarta. Jika berdasarkan data ini maka besar kemungkinan puasa akan dilakukan pada Senin, 6 Juni 2016 karena posisi hilal sudah tinggi dan lebih dari 2 derajat.
Walaupun demikian tentu saja akan keputusan resmi pemerintah mengenai kapan puasa akan dimulai atau 1 Ramadhan akan ditentukan dalam sidang isbat sesi ketiga setelah sesi kedua mendengarkan hasil pemantauan dari berbagai lokasi di Indonesia.

Keputusan Resmi Hasil Sidang Isbat

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin dalam pemaparannnya mengumumkan hasil Sidang Isbat mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil hisab, posisi bulan telah mencapai 2 hingga 4 derajat lebih menit menit.
Sedangkan dari pengamatan di sejumlah 93 titik di seluruh Indonesia terdapat laporan dan kesaksian dari 6 tempat yaitu masing-masing di Belu Nusa Tenggara Timur, Bangkalan, Jombang, Kebumen, Gresik dan juga Bojonegoro yang telah melihat hilal.
Atas pertimbangan dua hal tersebut, pemerintah bersama dengan seluruh peserta sidang Isbat menyepakati bahwa puasa Ramadhan mulai dilangsungkan pada Senin, 5 Juni 2016. Dan shalat terawih akan dilangsungkan mulai malam ini.

No comments for "Hasil Sidang Isbat penentuan bulan ramadhan 2016"