Cara Melihat RAM Android



Siapapun pastinya akan selalu ingin mengecek ram hp android yang mereka miliki. Sebenernya cara cek ram android sangat wajib sekali untuk diketahui oleh semua pengguna smartphone dengan operasi sistem atau OS berbasis Android. Hal ini dikarena ketika mengggunakan handphone tersebut dalam sehari-hari, entah itu dibuat main game, aplikasi yang banyak seperti wechat, line, whatsapp, bbm dan lain sebagainya pastinya akan memakan ram dengan banyak. Mengetahui ram sendiri sangat diperlukan oleh hp android, karana kerjanya sangat ditentukan olehnya. Banyak yang menyebutnya juga bahwa ram merupakan otak dan nyawa dari ponsel yang dimiliki. Jadi tidak jarang juga biasanya konsumen selalu mempertimbangkan untuk memilih ram yang memiliki kapasitas besar.

Perlu diketehui bahwa Random Acces Memori (RAM) merupaka sebuah perangkat keras yang berfungsi penyimpanan sementara berbagai data dan instruksi program pada saat komputer dijalankan yang dapat diakses random (acak) atau tidak mengacu pada pengaturan letak data. Jadi kalau ukuran ram yang dimiliki besar maka dapat dipastikan kalau smartphone yang digunakan bekerja dengan cepat walaupun digunakan mendownload berbagai aplikasi. Akan tetapi ketika hp android terasa lemot, maka anda bisa mengecek sisa kapasitas ram pada Android.

Untuk melakukan pengecekan ram android sangat mudah dilakukan, karena hampir semua data yang tersimpan ada didalam ram itu sendiri. Akan tetapi, hal ini tidak membuat semua pengguna android mampu melakukanya. Hal ini bisa saja terjadi lantaran masih terbilang baru menggunakan smartphone android. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya cara cek kapasitas ram bisa dilihat berikut ini.
Cara Cek RAM Android
  • Masuk kedalam menu “Setting”.
  • Kemudian, pilih “Application” yang ada dalam menu setting
  • Lalu klik saja “Running”
  • Setelah itu akan muncul sisa ram pada hp android yang biasanya ditandai dengan warna biru untuk ram yang sudah digunakan dan warna abu-abu yang belum digunakan.
Dari situ akan dengan mudah mengetahui jumlah sisa ram yang sudah digunakan. Selain itu kami sarankan jika hendak membeli hp tentu pertama harus diketahui terlebih dahulu adalah jumlah kapasitas ram yang minimal harus 1GB, sehingga akan dengan mudah menjalankan setiap aplikasi yang ingin di install tanpa harus menunggu lama atau lemot saat digunakan.
Dengan cara cek ram android yang sudah kami berikan diatas, kami beritahukan agar melakukan pengecekan penggunaan ram. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada masalah atau kerusakan yang terjadi pada ram itu sendiri. Biasanya dampak penggunaan yang melebihi kapasitas, akan mengganggu kinerja dari android itu sendiri. Itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan, semoga bisa memberi wawasan cara melihat kapasitas ram.

Semakin banyak ram, maka semakin lancar pula aplikasi yang berjalan pada smartphone kalian. Para gamer biasanya sangat menginginkan ram android yang besar, supaya bisa menikmati game dengan nyaman tentunya.

No comments for "Cara Melihat RAM Android"